Home Eko MP 3 Moslem SAINS Matematika IT MP 3

Kamis, 30 Juli 2009

Pengertian KTSP 1

Dalam panduan KTSP yang dikeluarkan BSNP (2006:5) KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri daritujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.

Adapun yang dimaksud dengan operasional jika kita telaah kembali memiliki makna :

a. KTSP dalam pengembanganya tidak lantas lepas dari ketetapan yagn telah disusun pemerintah secara nasional. Artinya sekolah dalam mengembangkan kurikulum hanya diberikan kewenangan pada pengembangan operasional, sedangkan yang menjadi rujukan pengembangan adalah pemerintah, misalkan penentuan jam mata pelajaran, jenis mata pelajaran, isi mata pelajaran dan kompetensi yang harus dicapai oleh setiap mata pelajaran.

b. Sebagai kurikulum operasional, para pengembang kurikulum di masing-masing tingkat satuan pendidikan diberikan keleluasaan dalam mengembangkan kurikulum kedalaam unit-unit pelajaran tertentu. Misalkan kewenangan pengembang dalam mengembangkan model, pendekatan, metode dan cara evaluasi hasil belajar termasuk dalam menentukan pertemuan efektifitas belajar dengan siswa guna mencapai kompetensi yang di inginkan

c. Para pengembang KTSP harus memperhatikan ciri khas kedaerahan sebagaimana yang tercantum dalam Undang-undang No. 20 tahun 2003 ayat 2, yakni kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuan dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar