Home Eko MP 3 Moslem SAINS Matematika IT MP 3

Kamis, 30 Juli 2009

perbedaan antara internal dan external evaluation dalam pengembangankurikulum

Bahas perbedaan antara internal dan external evaluation ketika berkaitan dengan pengembangan kurikulum !

Menurut Hamid Hasan (2008:21) Evaluasi internal dilakukan oleh seorang evaluator yang masuk kedalam tim pengembang kurikulum. Adapun keuntungan yang didapat dari evaluator dalam melaksanakan evaluasi internalnya, evaluator dapat merumuskan pertanyaan lebih akurat terhadap evaluan, karena evaluator sangat mengenal karakteristik dari evaluan.

Kemudian evaluator dapat dengan leluasa melakukan cek & ricek terhadap data yang ia peroleh dari tim pengembang, sehingga memungkinkan menghasilkan data dalam tingkat validitas tinggi.

Karena fungsi gandanya, disamping sebagai pengembang iapun sebagai evaluator maka factor kedekatan dengan tim akan memberikan keuntungan bagi evaluator dalam memperoleh data yang di inginkan baik berupa informasi yang diperlukan, dokumen tercatat yang berhubungan dengan pengembangan dan leluasa melakukan evaluasi terhadap kinerja tim pengembang.

Adapun kelemahan yang dimiliki evaluasi internal adalah hilangnya objektifitas dari evaluator karena kedekatanya dengan tim pengembang, keadaan ini akan sangat mempengaruhi evaluator untuk berlaku objektif. Orang akan sulit menerima data yang didapat evaluator meskipun data tersebut memiliki tingkat validitas yang tinggi.

Evaluasi Eksternal merupakan kebalikan dari evaluasi internal, dimana evaluator tidak memiliki kererikatan dengan evaluan baik secara akademik maupun administrative. Evaluasi eksternal biasa dilakukan pada saat proses pengembangan kurikulum memasuki tahap dokumen dan pengembangan ide.

Keutungan dari evaluasi eksternal adalah objektivitas lebih tinggi karena evaluator tidak memiliki ikatan emosional dan keuntungan pribadi jika evaluan yang di evaluasi tidak memenuhi kriteria yang ditetapkanya

Kelemahan yang dimiliki oleh evaluasi eksternal merupakan keuntungan yang dimiliki oleh evaluasi internal begitu juga sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar