Home Eko MP 3 Moslem SAINS Matematika IT MP 3

Sabtu, 15 Agustus 2009

Bahan Bacaan IPA



Pengelompokan Berdasarkan Wujud
A. limbah cair
limbah cair adalah segala jenis limbah yang berwujud , herupa air beserta bahan-bahan buangan lain yang pur Itersuspensi) maupun terlarut dalam air.
Limbah cair dapat diklasifikasikan menjadi 4 kelompok :
a. Limbah cair domestik (domestic wastewater), yaitu limbah cair basil buangan dari perumahan (rumah tangga),ngunan perdagangan, perkantoran, dan sarana sejenis.
toh limbah cair domestik adalah air deterjen sisa cucian, or sabun, dan air tinja.
b. Limbah cair industri (industrial wastewater), yaitu limhah cair basil buangan industri. Contoh limbah cair industri adalah air sisa cucian daging, buah, atau sayur dari industri pengolahan makanan dan dari sisa pewarnaan kainibahan dari industri
c. Rembesan dan luapan (infiltration and inflow), yaitu limbah cair yang berasal dari berbagai sumber yang memasuki saluran pembuangan limbah cair melalui rembesan ke dalan tanah atau melalui luapan dari permukaan. Air limbah dapat merembes ke dalam saluran pembuangan melalui pipa yang rusak, pecah, atau bocor sedangkan luapan dapat terladi melalui bagian saluran yang membuka atau terhubung ke permukaan. Contoh limbah cair yang dapat merembes dan meluap ke dalam saluran pembuangan limbah cair adalah air buangan dari talang atap, pendingin ruangan (AC), temps parkir, halaman, bangunan perdagangan dan industri, serta pertanian atau perkehunan.
d. Air hujan (storm water), yaitu limbah cair yang berasal dari aliran air hujan di alas permukaan tanah. Aliran air hujan di permukaan tanah dapat melewati clan membawa partikelpartikel huangan padat atau cair sehingga dapat disehut sebagai limbah cair.
B. Limbah padat
Limbah padat merupakan salah satu limbah yang paling banyak terdapat di lingkungan. Biasanya limbah padat disehut sebagai sampah. Bentuk, jenis, dan komposisi limbah padat sangat dipengaruhi old) taraf hidup masyarakat dan kondisi alam, sedangkan jumlahnya sangat dipengaruhi oleh kepadatan penduduk. Umumnya, semakin padat populasi di suatu daerah. akan semakin hesar pula produksi limbah padatnya. Serara umurn, klasifikasi limhah padat (sampah) menurut istilab teknis ada 6 kelompok. yaitu:
1. Sampah organik mudah busuk (garbage), yaitu limbah padat semi basah, berupa
bahan-bahan organik yang mudah membusuk atau terurai mikroorganisme. Sampah
2. anorganik dan organik tak membusuk (rubbish).
Sampah padat anorganik atau organik cukup kering yang rai oleh mikroorganisme, sehingga sulit membusuk. jenis sampah ini adalah selulosa, kertas. plastik,dan logam.
3. Samapah abu (ashes) yaitu limbah padat yang berupa abu, basil pembakaran. Sampah ini mudah terbawa karena ringan dan tidak mudah membusuk bangkai binatang (dead animal), yaitu semua limbah
4. Samapah bangkai binatang, seperti tikus, ikan, dan ternak yang mati. Limbah ini relatif kecil jumlahnya,terjadi bencana alam sampah ini akan bermasalah mudah busuk dan bau.
5. Samapah sapuan (street sweeping), yaitu limbah padat basil jalanan yang bensi berbagai sampah yang tersebar di seperti dedaunan, kertas, dan plastik.
6. Samapah industri (industrial waste), yaitu semua limbah padat asal dari buangan industri. Komposisi sampah ini dari jenis industrinya. Semakin hanyak industriakan semakin besar dan beragam sampahnya.
C. Limbah Gas
Limbah gas biasanya dibuang ke udara. Di udara, terkandung unsure kimia seperti O2. N2 NO2 dan lain-lain. gas ke udara yang melampaui kandungan udara menurunkan kualitas udara. Tingkal kualitas udara jenis limbah gas , volume yang lepas. dan lamanya limbah berada di udara. Jangkauna persebaran gas melalui udara dapat meluas karena faktor cuaca dan turut memengaruhi. Arah angin dapat memengaruhi karena sifatnya ringan sehingga mudah terbawa.
Pala umumnya, jenis limbah gas yang ada di udara terd dari bermacam-macam senyawa kimia.
Beberapa macam limbah gas yang umumnya ada di udara.
Jensi Limbah Keterangan
1. Karbon monoksida (COI Gas tidak berwama, tidak berbau
2. Karbon dioksida (CO) Gas tidak berwarna, tidak berbau
3. Nitrogen oksida (NO,) Gas berwarna dan berbau
4. Sulfur oksida (SO) Tidak berwarna dan berbau tajam
5. Asam klorida (HCl) Berupa uap
6. Amonia (NH3) Gas tidak berwama, berbau
7. Metan (CH4) Gas berbau
8. Hidrogen fluorida (HF) Gas tidak berwarna
9. Nitrogen wlfida (NS) Gas berbau
10. Klorin (Ch) Gas berbau
Limbah gas yang dibuang ke udara bisanya juga mengan partikel-partikel bahan padatan (misalnya abu) atau cairan (misalnya tetesan asam sulfa') yang berukuran sangat kecil da ringan sehingga tersuspensi dengan gas-gas tersebut. Partikel bahan padatan atau cairan ini bias.) disebut sebagai materi partikulat.

Pengelompokan Berdasarkan Sumber
Sumber Limbah sebenarnya sangatlah beragam. Berikut ini beberapa sumber utama penghasil limbah secara umum
a. Limbah domestik
Limbah domestik adalah limbah yang berasal dan kegiatan penduduk Irumah tangga) dan kegiatan usaha seperti restoran , dan gedung perkantoran. lenis-jenis limbah domestik bisa sangat beragam, seperti sisa makanan, kertas, air sabun, deterjen, dan tinja (kotoran).
b. Limbah industri
Limbah Industri merupakan buangan basil proses industri yang dihasilkan tergantung pada jenis industri. limbah organik cair atau padat akan banyak dihasilkanpengolahan makanan, sedangkan limbah anorganikberat akan banyak dihasilkan pleb industri tekstil,logam, kertas, dan lainnya. Industri-industri yang melalukan proses pembakaran akan banyak menghasilkan gas
C. Limbah pertanian
Limbah Pertanian herasal dari daerah pertanian atau Limbah dari daerah ini terutama berupa senyawasrorganik dari bahan kimia yang digunakan untuk pertanian, seperti pupuk dan pestisida {pemhasmihama ).Selain itu, limbah organik juga hisa dihasilkan dari sisa tumbuhan
D. Limbah pertambangan
Limbah pertambangan berasal dari kegiatan pertambangan. limbah ini terutama berupa material tambang, seperti logam atau batuan.


By Tio

1 komentar:

  1. Tulisan nya sederhana.... mudah dimengerti... tapi penuh informasi... keep writing.. for our green world...

    BalasHapus