Home Eko MP 3 Moslem SAINS Matematika IT MP 3

Kamis, 06 Agustus 2009

Materi IPA I (Pengetian Limbah)

Kata limbah sudah seringkali kita dengar dan terasa tidak asing di telinga kita, baik itu melalui media massa,elektronik atupun di sekitar lingkungn kita. Pertanyaanya apakah yang Anda ketahui tentang limbah?

Ada berbagai definisi yang dapat kita temukan mengenai limbah diantaranya :

Limbah menurut Recycling and Waste Management Act (krW-/AbfG) didefinisikan sebagai benda bergerak yang diinginkan oleh pemiliknya untuk dibuang atau pembuangannya dengan cara yang sesuai, yang aman untuk kesejahteraan umum dan untuk melindungi lingkungan.

Sedangkan jika kita merujuk pada PP No 18/1999 Jo.PP 85/1999 limbah adalah sisa/buangan dari suatu usaha dan/atau kegiatn manusia.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa limbah adalah sisa dari kegiatan manusia yang tidak diinginkan oleh pemiliknya untuk di buang, yang pembuanganya di upayakan aman bagi kehidupan manusia.

Dari pengertian di atas kita dapat mengambil benang merah bahwa hampir segala aktifitas ataupun kegiatan manusia apakah dari laju pertumbuhan penduduk,, perkembangan teknologi, industri dan ekonomi atau apapun bentuknya akan menghasilkan limbah.

Jika demikian dampak negatif yang akan muncul adalah penumpukan limbah dimana-mana, oleh karenanya perlu ada standar baku yang membatasi pembuangan limbah secara sporadis terhadap lingkungan kita, agar pembuangan limbah dapat teroganisir dengan baik tanpa menggangu lingkup hidup manusia.

By Tio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar