Home Eko MP 3 Moslem SAINS Matematika IT MP 3

Sabtu, 01 Agustus 2009

Ekonomi Islam

Ekonomi Islam pada hakekatnya adalah ilmu yang mempelajari tentang segala perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dalam rangka mencapai kesejahteraan dan keselamatan dunia dan akhirat.

Kata keejahteraan dan keselamatan sendiri sangat erat kaitanya dengan kebermaknaan Islam sebagai agama pembawa keselamatan. Karena tidak sedikit orang yang melaksanakan aktifitas dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan segala cara tanpa lagi berpikir apakah ini cara yang membawa kemaslahatan ataukemudharatan.

Selama ini, baik dilingkungan akademisi (sekolah dasar, menengah dan tinggi) selalu dininabobokan dengan pandangan ekonomi yang jauh dari nilai-nilai ISLAM, berbagai teori HEBAT ekonomi, selalu dilandaskan kepada pencapaian keuntungan yang sebesar-besarnya tanpa lagi melihat apa ini akan membawa kemaslahatan atau tidak.

Sistem inilah yang diklaim sistem pemikiran ekonomi yang boombastis, amazing atau apapun itu, yang sebenarnya ujung-ujungya adalah penerapan ekonomi kapitalis yang cenderung liberal dan ini sangat jauh dari nilai-nilai islam.

Berikut beberapa pendapat mengenai pengertian ekonomi islam menurut beberapa ahli :

1. M.N. Siddiqi,

ilmu ekonomi Islam adalah respon “para pemikir muslim terhadap tantangan-tantangan ekonomi zaman mereka. Dalam upaya ini mereka dibantu oleh Al Qur’an dan As Sunnah maupun akal dan pengalaman.”

2. M. Akram Khan,

“ilmu ekonomi Islam bertujuan mempelajari kesejahteraan manusia (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan partisipasi.”

3. S.M. Hasanuzzaman,

“ilmu ekonomi Islam adalah pengetahuan dan aplikasi ajaran-ajaran dan aturan-aturan syariah yang mencegah ketidakadilan dalam pencarian dan pengeluaran sumber-sumber daya, guna memberikan kepuasan bagi manusia dan memungkinkan mereka melaksanakan kewajiban-kewajiban mereka terhadap Allah dan masyarakat.”


4. Louis Cantori,

“ilmu ekonomi Islam tidak lain merupakan upaya untuk merumuskan ilmu ekonomi yang berorientasi manusia dan berorientasi masyarakat yang menolak ekses individualisme dalam ilmu ekonomi klasik.”

Ekonomi adalah masalah menjamin berputarnya harta diantara manusia, sehingga manusia dapat memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia dan akherat (hereafter). Ekonomi adalah aktifitas yang kolektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar