Home Eko MP 3 Moslem SAINS Matematika IT MP 3

Minggu, 16 Agustus 2009

Komunikasi Bisnis II (definisi Komunikasi Bisnis)

APA ITU KOMUNIKASI BISNIS

Kita kerap mendengar istilah komunikasi bisnis, terutama dalam kegitan-kegiatan ekonomi. Komunikasi bisnis sendiri merupakan salah satu bagian penting dalam melakukan hubungan dengan rekanan bisnis baik itu dilakukan secara lisan maupun tulisan.

Untuk memahami makna dari komunikasi bisnis, amak akan saya urut untuk memahami terlebih dahulu definisi komunikasi. Berdasarkan beberapa pendapat para ahli, komunikasi dapat di istilahkan sebagai berikut :

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan. Komunikasi adalah persepsi dan apresiasi

Dalam definisi yang lebih sederhana dikatakan bahawa Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang biasa (lazim) baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan

Sedangkan komunikasi bisnis berdasarkan pendapat para ahli :

Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal.

Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.

Komunikasi bisnis adalah setiap komunikasi yang digunakan untuk membangun partnerships, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu gagasan; suatu produk; servis; atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan. Komunikasi Bisnis meliputi pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal bisnis tersebut. Komunikasi yang internal termasuk komunikasi visi (perseroan/perusahaan), strategi, rencana-rencana, kultur/budaya perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar yang terdapat di perusahaan, motivasi karyawan, serta gagasan-gagasan, dll. Komunikasi eksternal termasuk merek, pemasaran, iklan, hubungan pelanggan, humas, hubungan-hubungan media, negosiasi-negosiasi bisnis, dll. Bagaimanapun bentuknya, semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan suatu nilai bisnis (create business value).

Tentunya masih banyak lagi definisi–definisi lainya yang menyatakan tentang komunikasi bisnis. Berdasarkan beberapa pendapat mengaenai definisi komunikasi bisnis di atas, maka dapat saya simpulkan dengan bahasa yang sederhana dimana :

Komunikasi bisnis adalah berbagai hal yang berhubungan dengan aktifitas

komunikasi baik itu dilakukan secara lisan atau tulisan dalam dunia bisnis.

By Tio

2 komentar:

  1. Coba tolong jelaskan mengenai informasi tentang aspek ontologi,epistomologi dan aksiologi nya...
    kalo pengertian gini sih, sudah ada dimana2...

    BalasHapus
  2. bagus sekali artikelnya, menambah ilmuku

    BalasHapus